Blogger news

Minggu, 30 Desember 2012

Pedoman Pengucapan



Sebagian besar pengucapan huruf bahaa jerman sama dengan bahasa Indonesia.Kecuali beberapa huruf yang akan dijelaskan beerikut ini
Vokal
ä
Adalah vokal a dengan umlaut , diucapkan seperti e dalam kata necis, atau better(lebih baik =bahasa inggris).contoh Bäcker (beker)= tukang roti.
ö
Adalah vokal o dengan umlaut , diucapkan seperti bunyi gabungan bokal eu dalam kata geulis (cantik,bahasa sunda) .Contoh Göttin (gewttin) = dewi.
ü
Adalah vokal u dengan umlaut, diucapkan seperti u dalam kata curie (bahasa perancis) atau cure (bahasa inggris) .Contoh Küste (kyuste) = pantai.
au
Diucapkan seperti bunyi gabungan vokal au dalam kata haus ,contoh Haus (haus) = rumah .
äu dan eu
Diucapkan  seperti bunyi gabungan vokal oi dalam kata doi (uang,bahasa melayu manado), contoh Fräulein (froilain) = nona dan deutsch (doytsh) = bahasa jerman.
ei
Diucapkan seperti gabungan vocal ai dalam kata main .contoh nein (nain) = tidak .
e
Pada akhir kata tetap dilafalkan .Misalnya pada kata Name tetap dilafalkan (naame) . Berbeda  dengan bahasa inggris yang pelafalannya menjadi (neym)
Konsonan
c
Yang letaknya mendahului vocal a,o,u,diucapkan seperti dalam kata kampong ,kopi . Contoh: Cafe (kafe) =kedai minum, Cousin (koziin) = sepupu, dan Curry (kurri)= kari.
Ch dan -ig
Diucapkan seperti bunyi gabungan konsonan kh dalam kata ikhtiar/akhlak.Contoh : ich (ikh)   = saya dan zalzig (zaltsikh ) = bergaram.
h
Yang letaknya langsung mengikuti huruf vokal tidak perlu diucapkn.Fungsinya hanya sebagai penanda perpanjangan bunyi vokal yang mendahului.contoh Fahne (faane)= bendera.
j
Diucapkan seperti y dalam kata ya . Contoh : ja (ya) = ya
s
Diucapkan seperti z dalam kata zat .Contoh: satt (zatt) = kenyang
sch
Diucapkan seperti bunyi gabungan konsonan sy dalam kata syarat atau seperti sh dalam kata short (pendek, bahasa inggris) .contoh scharf (syarf)=pedas/tajam.
s
Pada awal kata yang diikuti oleh konsonan p atau t (sp- atau st-) diucapkan seperti bunyi sy atau sh . Contoh : Spiegel (spiigel) = cermin ,stadt (stad)= kota.
w
Diucapkan seperti v dalam never ( tidak pernah ,bahasa inggris )Contoh :warum (varum) = mengapa.
z
Diucapkan seperti bunyi gabungan konsonan ts dalam kata tsunami . Contoh : Zug (tsuk) = kereta api
β
Disebut es zet, diucapkan seperti s dalam kata besar. Contoh Groβ (gross) = besar .Dalam   penulisannya dapat digantikan dengan ss. Contoh : daβ dapat ditulis menjadi dass = bahwa.


0 komentar:

Poskan Komentar