Blogger news

Kamis, 03 Januari 2013

Produk Jerman









industri otomotif Jerman, memang terkenal. Produk-produk yang terlahir di negeri Bavaria ini banyak digemari masyarakat seantero dunia. Tak pelak, baik mobil maupun logo yang diusungnya, begitu familiar di mata dan telinga penggila otomotif. Dibalik keabadian logo tersebut ternyata tersimpan maksud dan sejarah. Logopun tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif semata.  Tapi, logo punya fungsi penting memperkenalkan produk ke pasar dunia. Berikut 5 logo mobil buatan Jerman yang mendunia:
1. Mercedes Benz
Logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus — dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara. Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes. Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya, Mercedes.
Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl Benz.Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.

2. BMW
Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling. Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya ‘Red Baron’ untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I. Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW. Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor, dan lalu mobil — yang mendunia.

3. Volkswagen
Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di dunia. Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru. Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti ‘mobil rakyat’. Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess. Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik — dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil. Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat — membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya. Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya. Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior. Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.
Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899. Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru. Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti ‘audiatur et altera pars’ [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?] Kata ‘Horc’ adalah singkatan dari kata ‘mendengar’ dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti ‘mendengar’. Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.

5. Porsche
Porsche adalah sebuah produsen mobil jerman didirikan pada 1931 oleh Ferdinand Porsche, teknisi yang menciptakan Volkswagen untuk  pertama kalinya. Perusahaan ini terletak di Zuffenhausen, sebuah kota di distrik Stuttgart. Logo Porsche hampir identik dengan lambang Stuttgart. Stuttgart, dibangun di lokasi pertanian (kuda) pejantan. Karenanya pada lambang Porsche-pun terdapat gambar kuda pejantan yang menjadi ciri khas Stuttgart. Sedangkan tanduk dan garis-garis  merah dan hitam adalah bagian dari warna Kerajaan Wruttemberg.(**)







0 komentar:

Posting Komentar