Blogger news

Minggu, 30 Desember 2012

Begrüssung




Salam perjumpaan – Eröffnungsgrüβe
Formel (bentuk formal)*      Guten Morgen ! (guten morgen )Selamat pagi*      Guten Tag ! (guten taak)Selamat siang !*      Guten abend !Selamat malam*      Herzlich Willkommen ( hertslikh vilkomen )Selamat datang*      Guten Tag! Wie geht es ihnen ? ( guten taak !vii geyt ez iinen ?)Selamat siang ! apa kabar anda ?Informell (bentuk informal)*      Hei !(hai )Hai !*      Hallo! (halo)Halo !*      Grüβ dich! ( gruys dikh )
Halo!*      Grüezi! (gruytsi)Halo !*      Moin,moin! ( moin-moin)Halo !*      Grüβ got! (gruys got)
Halo !*      Morgen! (morgen)Pagi!Erklärungen (penjelasan)1.       Bentuk formal adalah bentukk yang digunakan dalam situasi formal (resmi) atau ketika kita berhadapan dengan orang asing,orang yang lebih tua , atau dengan orang yang belum akrab dengan kita. Dalam percakapan bahasa jerman , bentuk ini ditandai dengan sapaanSie ,dalam bahasa Indonesia ditandai dengan sapaan anda, saudara, ibu, bapak .2.       Bentuk informal adalah bentuk yang digunakan dalam situasi informal (tidak resmi) atau ketika kita berhadapan dengan teman akrab,sejawat, atau orang yang lebih muda dari kita. Dalam percakapan bahasa jerman , bentuk ini ditandai dengan sapaan Du ,dalam bahasa Indonesia ditandai dengan penggunaan ,kau,kamu,-mu sebagai kata ganti orang .3.       Salam Guten Morgen, Guten Tag dan seterusnya hanya diucapkan saat pertama bertemu dalam satu hari . Jika dihari yang sama bertemu lagi cukup mengucapkan hallo atau hei4.       Guten Morgen diucapkan sebagai salam(bertegur sapa) ketika bertemu dengan seeorang pada pagi hari hingga menjelang siang ,yakni antara 06.00- 12.00.5.       Guten Tag diucapkan sebagai salam pada siang hari hingga sore hari , yakni dimulai pukul 12.00-18.00.6.       Guten Abend diucapkan sebagai salam pada malam hari yang dimulai pukul 18.00- 22.00.7.       Gute Nacht diucapkan hanya pada saat berpisah pada larut malam saja atau sebagai ucapan selamat tidur / sebelum tidur.8.       Grüβ got diucapkan sebagai salam pada setiap waktu. Ucapkan ini terutama diigunakan di jerman Selata,tetapi dikenal juga di Jerman Utara.
9.       Moin-moin banyak digunakan di Jerman Utara.10.   Grüezi (salam jumpa) dan Auf Wiederluege (salam pepisahan) menjadi cirri khas di Negara Swiss.11.   Adieu/ Ade adalah salam perpisahan yang digunakan di daerah Jerman Selatan.12.   Servus adalah salam yang digunakan di daerah Jerman Selatan /Bayern dan Austria.13.   Herzlich Willkommen biaanya diucapkan sebagai salam pembuka dalam suatu acara atau sebagai sambutan terhadap tamu atau orang yang baru dating.14.   Auf Wiederhören atau Wiederhören diucapkan pada akhir sebuah percakapan teleon.15.   Gute Reise diucapkan kepada orang yang akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kapal laut,mobil pesawat dan sebagainya.16.   Guten Flug diucapkan khusus kepada orang yang akan bepergian dengan pesawat terbang.


0 komentar:

Posting Komentar